Pembukaan Pesantren Ramadhan SD Inpres 4/82 Sijelling Tahun 2016

Posted by Andi Ewha


Puluhan siswa dan juga para guru dari SD Inpres 4/82 Sijelling Kec. Tellu Siattinge , berkumpul untuk mengikuti acara Pembukaan Pesantren Ramadhan tahun 2016, acara pembukaan ini merupakan tanda akan dimulainya kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan yang akan dilaksanakan di Inpres 4/82 Sijelling Kec. Tellu Siattinge.
Pesantren kilat atau Pesantren Ramadhan yang biasa dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan dan berlangsung relatif cepat seperti sekarang ini merupakan upaya guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi para siswa dan memberikan nilai tambah dalam melaksanakan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan, sekurang – kurangnya peserta pesantren kilat dapat memahami dan mengetahui dasar-dasar Agama Islam serta puasa yang dilakukan bukanlah menjadi puasa yang sia – sia, akan tetapi menjadi puasa yang bermakna dan berlimpah pahala.
Selepas acara pembukaan yang dilaksanakan ini, pada masing – masing guru akan membimbing siswa dalam kegiatan  pesantren kilat ini yang berlangsung selama 6 hari, dalam sambutan Dra. Muspida selaku Kepala SD Inpres 4/82 Sijelling sekaligus melaporkan pelaksanaan kegiatan ini, beliau menyampaikan “ latar belakang kegiatan ini berdasarkan sikap yang sama, antara Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama, yang memandang siswa sebagai aset bangsa, serta seiring dengan semakin strategisnya pemahaman dan pengamalan Agama, dalam mengimbangi perkembangan intelektual siswa, dirasa pentinglah suatu usaha pembinaan, bimbingan serta pengembangan pendidikan agama kepada para siswa atau peserta didik baik sekolah umum dan madrasah, maka Pesantren Ramadhan menjadi salah satu kegiatan guna mencetak para siswa yang berakhlakul karimah”,
Lanjutnya, maksud dan tujuan dari Kegiatan Pesantren Ramadhan yakni :
1. Menjadikan momentum Bulan Ramadhan sebagai bulan pembiasaan bagi siswa untuk menambah amal saleh untuk memperoleh dan meraih derajat taqwa.
2. Sebagai upaya menambah dan melengkapi materi pelajaran Agama yang diberikan secara formal di sekolah.
3. Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengamalan agama bagi siswa sekolah umum, madrasah dan juga lembaga keagamaan.
4. Meningkatakan, memperdalam, dan memantapkan pemahaman ajaran Islam dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari guna membentuk mental spiritual yang tangguh.


Selanjutnya selaku Kepala SD Inpres 4/82 Sijelling yang juga berkesempatan memberikan sambutan serta arahannya kepada peserta sebelum membuka acara secara resmi menandakan dimulainya pelaksanaan Pesantren Ramadhan di SD Inpres 4/82 Sijelling Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone Tahun 2016, Kepala Sekolah mengharapkan, manfaatkan sebaik – baiknya momentum bulan suci Ramadhan ini untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kita dan pengetahuan Agama dan apa yang telah diperoleh dalam Pesantren bisa di amalkan dalam kehidupan sehari – hari, terutama dalam memperbaiki akhlak kita, khususnya para generasi penerus bangsa yakni para siswa, harapannya dengan mengikuti pesantren dapat diperoleh generasi penerus yang berakhlakul karimah.



Posted by: Andiewha

Tidak ada komentar: