Cara Mencari NISN Secara Online

Posted by Andi Ewha
sehubungan dengan  NISN sekarang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan yang melayani sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional. NISN menerapkan sistem komputerisasi terpusat dan dapat diakses online oleh masyarakat dan telah sinkron dengan aplikasi dapodik.
Perlu diketahui bahwa mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau Data Siswa secara online lewat internet adalah untuk mengetahui atau mengecek apakah NISN sudah sesuai dengan kebenaran data siswa? Jika siswa sudah mengetahui NISN yang telah diberikan oleh sekolah, bisa melihat langsung data siswa yang ada di pusat kemendikbud. Cukup menginput NISN pada situs nisn.data.kemendikbud. Apabila ada kesalahan data siswa bisa segera memberitahu ke operator sekolah untuk memperbaiki, mengingat NISN akan terus digunakan selamanya.
Namun jika siswa ingin mengetahui NISN-nya karena lupa dan segera ingin mendapatkan untuk sesuatu hal, maka bisa menggunakan cara mencari NISN online. Siswa cukup menginput data siswa dengan lengkap dan benar pada situs nisn.data.kemendikbud. Sebenarnya yang paling mudah adalah bertanya langsung ke sekolah (operator sekolah) karena memiliki akses data siswa di dapodik.

Cara Mencari NISN Secara Online

Cara Mencari NISN Secara Online

Cara mencari NISN adalah dengan berkunjung ke website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.  Pada website tersebut, Anda akan dipandu untuk mencari NISN atau Data Siswa lewat internet.
Ada dua pilihan menu Cara mencari NISN Data Siswa online, yaitu:
Cara mencari berdasarkan NISN untuk melihat Data Siswa, dengan cara memasukkan NISN siswa.
mencari-Data-Siswa-berdasarkan-NISN
mencari Data Siswa berdasarkan NISN
Cara mencari berdasarkan Nama untuk melihat NISN, dengan cara memasukkan nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir (format: tanggal/bulan/tahun) misalnya: 01/12/2000
mencari-NISN-berdasarkan-nama
mencari NISN berdasarkan nama

Cek NISN Online Melalui Aplikasi Android

Saat ini pencarian olnine semakin mudah dengan adanya aplikasi android Cek NISN.  Aplikasi ini berfungsi untuk Cek NISN Siswa yang ada di Database web NISN tersebut. Sehingga data yang ditampilkan adalah data Valid yang ada di Web Resmi Kemendikbud. Aplikasi ini dapat diunduh pada play.google.com
Ada 3 metode yang dapat dilakukan untuk Cek NISN Siswa dengan aplikasi ini, yaitu:
  1. Dengan mengetik Nomor NISN Siswa
  2. Dengan Scan QR Code yang ada di kartu NISN Siswa
  3. Dengan mengetik Nama Siswa
Cek NISN Online Melalui Aplikasi Android


Jika dalam mencari NISN dan Data Siswa online tidak membuahkan hasil, kemungkinan data belum di-entry, masih diproses atau kesalahan memasukkan data pencarian.

1 komentar:

  1. You should see how my acquaintance Wesley Virgin's story begins in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he revealed hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get anything they want.

    These are the exact same SECRETS many famous people (especially those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become wealthy and successful.

    You've heard that you use less than 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe that conversation has even occurred INSIDE OF YOUR own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain seven years back, while riding an unregistered, trash bucket of a car without a driver's license and with $3 on his banking card.

    "I'm absolutely frustrated with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"

    You took part in those questions, isn't it right?

    Your success story is waiting to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

    BalasHapus